Strategi Marketing: Mengangkat Brand Melalui Kontes SEO, Efektifkah?

Strategi Marketing Kontes SEO

Saya tidak tahu anda harus menamai apa tentang strategi tersebut. Dalam dunia internet ada banyak strategi pemasaran yang dilakukan team marketing sebuah perusahaan. Tentu saja mereka mungkin sudah melakukan sejumlah analisa tentang strategi yang dijalankan oleh mereka.

Salah satu strategi yang sebenarnya sudah kami temukan di internet adalah dengan mengadakan sebuah kontes di internet. Bahkan kontes tersebut diadakan dengan menjanjikan hadiah besar-besaran untuk menarik lebih banyak pesertanya. Kontes tersebut disebut dengan istilah Kontes SEO. Sebuah kontes mengoptimasi sebuah konten untuk muncul di mesin pencarian dengan kata kunci pencarian tertentu.

Tentu saja ada aturan main yang harus dipenuhi oleh peserta kontes, biasanya syarat ketentuan menjadi peserta akan lebih kepada mempromosikan brand atau produk dari yang melaksanakan nya.

Sekarang pertanyaan nya efektifkah dengan cara ini?.

Untuk menjawab tentu kita harus mengetahui berbagai aturan main sebuah kontes SEO, sehingga kita bisa menyimpulkan sendiri jawaban nya tanpa harus menunggu jawaban dari orang lain. Setahu kami kontes semacam ini termasuk katagori terlarang bagi Google, karena biasanya akan melahirkan sesuatu yang kurang elok menurut Google. Semacam mengakibatkan maraknya aktivitas spamming, dan banyaknya konten sampah karena akibat berbagai cara optimasi konten yang dilakukan oleh peserta kontes.

Karena itulah peserta kontes akan lebih berhati-hati jika mengikuti kontes semacam itu. Akibat yang bisa mereka terima jika terindekasi melakukan spamming bisa di banned Google dengan cara dilakukan nonindeks secara masal terhadap sejumlah konten.

Kelebihan Menggunakan Strategi Kontes SEO.

Bagi pelaksana kontes sebenarnya tidak akan menjadi masalah. Bahkan kemungkinan besarnya pelaksana hanya akan mendapatkan manfaat dari kontes tersebut. Yang mengalami masalah mungkin para peserta, namun karena hadiahnya yang lumayan besar maka mereka tetap semang mengerjakan nya.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari sebuah kontes seperti ini, di antaranya:

Mendapatkan Review Positif dari Banyak Sumber yang Tidak Terduga.

Penyebaran Link Bui

Dalam pelaksanaan sebuah kontes SEO sebenarnya adalah sebuah kontes mereview sebuah produk, konten, atau branding tertentu. Tentunya dengan komentar yang positif, karena itu memang bagian strategi marketing. Hanya saja penilaian bukan berdasarkan siapa yang lebih baik, melainkan siapa yang lebih unggul di mesin pencarian.

Kenapa harus dinilai berdasarkan siapa yang lebih unggul?

Jika penilaian berdasarkan siapa yang lebih baik dalam mereview maka yang terjadi peserta hanya akan terfokus pada konten yang mereka ikut sertakan. Namun sebaliknya jika penilaian berdasarkan siapa yang lebih unggul di mesin pencarian, maka itu akan membuat peserta berlomba mengoptimasi konten yang mereka ikut sertakan. Sehingga laman site perusahaan hanya akan mendapatkan link rujukan dari konten-konten berkualitas tinggi saja.

Dalam strategi SEO atau mengoptimasi search engine maka ini akan sangat baik. Apalagi link juice yang terbentuk menjadi sangat alami, karena website perusahaan akan mendapatkan lebih banyak review dan backlink dari laman berkualitas yang mungkin tidak terduga.

Baca juga: Coba Platform SOSIAGO, Influencer Marketing Kekinian

Cepat Tersebar Ke Berbagai Laman, Forum, dan Media Sosial.

analytics

Pelaksana kontes biasanya mensyaratkan konten yang ikut diperlombakan untuk di share ke berbagai laman media sosial. Itu berarti nama branding perusahaan akan dengan cepat tersebut keberbagai pengguna laman media sosial. Ini belum termasuk peserta yang akan menulis keberbagai halaman blog dummy, forum online, dll untuk mendapatkan backlink ke konten mereka.

Bayangkan saja jika misalnya ada  100 peserta saja yang ikut kontes, biasanya semakin besar hadiahnya akan semakin banyak. 1 dari 100 peserta akan mengoptimasi laman konten mereka dengan menanam backlink di tempat lain minimal 10 saja untuk menaikan konten mereka di mesin pencarian, maka ada berapa laman yang mengulas atau minimal mengulas hal terkait dengan brand tersebut.

Kekurangan dari Strategi Kontes SEO.

Namun tetap saja strategi ini memiliki kekurangan yang juga harus di antisipasi oleh pelaksana kontes. Misalkan: biasanya ini strategi bersipat sementara, sehingga harus mendapat tindakan lanjut dari pelaksana kontes.

Karena sangat mungkin jika peserta akan menghapus sejumlah konten yang pernah mereka publikasikan atau merubah tautan nya setelah kontes berakhir. Sehingga ini akan menjadi sebuah strategi yang sangat cepat, walau sisa-sisa efek biasanya tetap akan terasa semisal: orang terlanjut mengenal brand tersebut. Itulah kenapa kami mengatakan harus ada langkah lanjutan dari pemilik brand yang mengadakan kontes tersebut.

Untuk mensiasati kelemahan ini anda bisa mengganding dengan menerapkan strategi lain, semisal mengganding influencer di media sosial sebagai langkah pendukung.

Baca juga: Antara Influencer Marketing dan Brand Ambassador

Namun itu kembali bagaimana konsep strategi pemasaran sebuah brand secara kesluruhan. Karena terkadang sebuah team pemasaran memiliki pemikiran lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *