Pengertian Influencer Marketing dan Cara Kerja

Pengertian Influencer Marketing

Pengertian Influencer Marketing.- adalah sebuah upaya memasarkan sebuah produk atau mempromosikan sebuah brand kepada public dengan cara bekerja sama dengan sejumlah orang yang memiliki follower besar. Influencer bukanlah orang biasa, melainkan mereka yang memiliki fans atau follower tersendiri, biasanya mereka memiliki pengaruh yang kuat buat fans atau follower mereka.

Satu dari sekian banyak metode mengkampanyekan sebuah branding atau produk adalah dengan influencer marketing. Dengan mengganding influencer yang biasanya memang sudah memiliki nama yang populer dikalangan followernya, ini seperti artis, atlet, atau tokoh idola lainnya yang mereka memiliki tempat bagi fans dan follower mereka.

Biasanya apapun terkait tentang mereka akan sedikit banyak mempengaruhi sudut pandang, pemikiran, dll followernya. Dalam kata artian, mereaka memiliki pengaruh bagi followernya. Semisal artis korea yang naik dan hits. Bahkan gaya rambut, cara berpakaian, hingga apa yang dimakan mereka menjadi perhatian fans nya.

Dan secara umum pengertian influencer marketing ini sebuah upaya mempromosikan melalui sosok seperti ini. Dia bisa siapa saja, bisa artis, atlet, tokoh masyarakat, desainer, programmer, hingga bahkan fans page sekalipun banyak dijadikan layaknya influencer.

Cara Kerja Influencer Marketing.

Jika kita pahami tentang pengertian influencer marketing, maka sebenarnya tidaklah sulit bagi kita untuk memahami juga bagaimana cara kerjanya.

Ada 3 instrumen penting disana. Ada produk/brand, influencer, dan follower/fans. Sebuah perusahaan meminta si influencer mempromosikan produk mereka dengan cara tertentu yang sekiranya menarik perhatian followernya. Tentu ada fee/bayaran untuk itu. Biasanya sudah dipastikan akan memndapatkan perhatian perhatian follower mereka, bahkan untuk hal sepele sekalipun mereka sudah mendapatkan perhatian.

Tujuan utamanya bukan menjual produk, tapi memperkenalkan kepada publik dan menarik perhatian agar produk semakin dikenal dan menaikan tingkat penjualan. Dan sebenarnya ini bukanlah cara baru, hanya saja belakangan dengan perkembangan internet yang semakin maju gaya pemasaran sebuah produk juga berubah mengikuti bagaimana pasar.

Sosial media adalah salah satu pangsa pasar yang besar. Orang berkumpul melalui gadget mereka, membicarakan banyak hal, dll. Tentu itu adalah sebuah potensi yang harus dimanfaatkan.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang penulis blog sekaligus pemerhati SEO, Gaya Hidup, Kesehatan, Teknologi. Aktif menjadi penulis sejak tahun 2008 silam. Seorang ayah dari 2 anak yang begitu perduli dengan kehidupan sosial sebuah masyarakat.