Melihat Tantangan Baru Algoritma Google 2019 Tentang Halaman YMYL

Melihat Tantangan Baru Algoritma Google 2019 Tentang Halaman YMYL

Peluncuran algoritma sebenarnya bukanlah hal baru bagi Google. Google mungkin dalam waktu dekat kedepannya mungkin akan terus melakukan perubahan besar yang seharusnya kita antisipasi lebih awal.

Jika kita ingin terus menjadi yang terdepan tentu kita harus berbenah, salah satu memahami arah perubahan algoritma-algoritma baru yang diluncurkan oleh Google. Setidaknya kita harus mampu berpikir bagaimana yang diharapkan oleh Google.

Tahun 2018 kemarin beberapa halaman situs banyak digemparkan dengan perubahan besar yang dilakukan oleh Google. Khususnya sangat dirasakan oleh halaman-halaman dengan tema kesehatan, keuangan, lifestyle, dan mungkin beberapa halaman yang mampu mempengaruhi opini masyarakat.

Beberapa pakar menyebutkan YMYL sebuah singkatan Your Money Your Life. Tidak mustahil jika nanti bukan hanya halaman kesehatan dan keuangan yang akan terkena dampaknya. Ini jika kita pahami tujuan dari diluncurkan algoritma.

Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness

E-A-T atau Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness yang mulai menjadi perhatian Google. Apa saja itu? agar jangan sampai kita ketinggalan berita dan update kekinian.

Expertise.

Sang ahli. Google mulai memberikan perhatian kepada halaman-halaman yang ditulis atau dipublikasikan oleh mereka yang memang memiliki kepakaran di bidang tertentu. Misalkan sebuah halaman kesehatan yang dikelola oleh dokter atau lembaga terkait yang memang dianggap ahli dibidang tersebut.

Tidak salah sih, dan masuk akal mengingat kebebasan internet sebenarnya hampir kebablasan. Orang bisa saja menulis dan mempublikasikan tulisan apa saja, walau sebenarnya si penulis sendiri belum begitu paham tentang topik yang dibahasnya. Hal tersebut terkadang menimbulkan sebuah informasi yang salah sehingga menimbulkan kerugian bagi orang lain yang menerima informasi tersebut.

Kebetulan yang menjadi korban pertama perubahan besar algoritma Google ini adalah halaman dengan topik kesehatan, dan keuangan. Namun sebenarnya tidak menutupi kemungkinan dengan halaman lainnya, karena sangat mungkin itu juga akan juga terjadi pada halaman lainnya.

Bagaimana Mensiasati Hal Ini?.

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah bagaimana membangun image kita. Membangun branding bagi seorang penulis blog mulai harus kita perhatikan. Dengan cara terus aktif membangun branding keotoritasan diri di bidang tertentu.

Coba kita berpikir dengan cara sederhana saja. Dari mana Google bisa mengetahui bahwa si penulis memiliki keotoritasan tentang sebuah bidang tertentu?. Anda tidak usah menjawabnya dengan tergesa-gesa karena sebenarnya saya tahu sebagai seorang blogger kalian sudah bisa menangkap apa yang harus dilakukan.

Mencoba aktif menulis di sejumlah halaman dengan menggunakan branding personal kita. Termasuk bagaimana juga kita membangun keotoritasan personal kita di sejumlah halaman media sosial.

Authoritativeness.

Authoritativeness: Keotoritasan sebuah halaman juga sama pentingnya dengan keotoritasan personal. Membentuk ketotoritas sebuah halaman bisa kita mulai dari berbagai aspek, dan sebenarnya ini masih memiliki keterkaitan dengan pembahasan kita di atas.

Google sebenarnya hanya berusaha memberikan yang terbaik bagi user penggunanya saat melakukan pencarian. Salah satunya dengan menampilkan artikel atau tulisan yang kupas oleh seorang pakar pada halaman yang memang memiliki keotoritasan kuat.

Apa yang bisa kita terapkan?

Sepertinya seorang blogger harus berbenah di halaman blognya masing-masing. Hindari menggunakan kalimat yang sulit di pahami dengan kesalahan pengejaan kata. Semakin sering kita melakukan nya bisa saja dianggap akan mengurangi keotoritasan sebuah halaman.

Tidak salah jika misalkan artikel yang kita publikasikan juga menyertakan sumber yang jelas jika kita mengutip dari halaman lain, semisal halaman wikipedia, atau halaman berita jika itu bersifat sebuah informasi.

Trustworthiness.

Jadilah orang yang bisa dipercaya. Secara personal maupun secara halaman blog. Mungkin ini masih sekitaran bagaimana kita membangun sebuah halaman blog berkualitas seperti biasanya.

Bagaimana caranya?.

Menjadi sumber referensi dari orang lain bisa jadi menunjukkan bahwa halaman kita menjadi halaman yang bisa dipercaya. Karena itu backlink atau sejenisnya bisa jadi tetap diterapkan kedepan nya, hanya saja ada batasan atau aturan yang ketat.

Sebenarnya menjadi orang yang memiliki keotoritasan dengan halaman yang juga memiliki otoritas yang sama akan membawa kepada kepercayaan publik dan juga mesin pencarian Google.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang penulis blog sekaligus pemerhati SEO, Gaya Hidup, Kesehatan, Teknologi. Aktif menjadi penulis sejak tahun 2008 silam. Seorang ayah dari 2 anak yang begitu perduli dengan kehidupan sosial sebuah masyarakat.