Antara Influencer Marketing dan Brand Ambassador

Antara Influencer Marketing dan Brand Ambassador

Antara Influencer Marketing dan Brand Ambassador.- Perkembangan internet marketing semakin lama semakin berkembang dengan berbagai variasi yang cukup banyak dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan.

Para pelaku internet marketing memang belakangan terus di tuntut untuk melakukan sejumlah pembaharuan agar tetap bisa menyesuaikan dengan tuntutan pasar yang semakin bergerak maju. Beberapa instrumen pemasaran online juga terus melakukan perubahan yang sangat jauh dibadningkan beberapa tahun silam.

Mesin pencarian konten misalkan atau Search engine yang di kuasai oleh Google, Yahoo, dll juga terus melakukan update algoritma mereka. Ini juga memaksa peraktisi SEO yang biasa mengandalkan optimasi konten site melakukan perubahan.

Strategi pemasaran online bergerak dengan seiring perkembangan arah user pengguna internet itu sendiri. Media sosial yang dulunya hanyalah layanan sosial mulai di lirik oleh sejumlah pelaku pemasaran online. Bisa kita lihat di awal-awal pergerakan mereka dengan bertebaran nya berbagai iklan di layanan media sosial.

Dan sekarang masih saja terus melakukan pergerakan yang cukup dinamis, apalagi jika kita melihat pengguna media sosial yang juga mulai jenuh dengan tampilan iklan-iklan yang berseleweran, ada kecenderungan ketidak percayaan user terhadap iklan-iklan juga mulai merubah strategi pemasaran online.

Influencer Marketing.

Influencer marketing belakangan di sebut-sebut salah satu strategi pemasaran online yang efektif karena strategi ini di anggap mampu menyentuh langsung akar rumput target pasar yakni para konsumen. Dengan mengganding sejumlah influencer kenamaan, diharapkan strategi tersebut dapat mengenalkan sejumlah produk atau branding tertentu kepada orang banyak, dan memungkinkan minat mereka.

Kita tahu seorang influencer adalah sosok yang memiliki banyak follower setia, mereka memiliki audience sendiri. Sehingga besar kemungkinan jika mereka (netizen, follower) juga akan mengikuti jejak sosok yang mereka ikuti tersebut.

Pengertian Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah sebuah upaya memasarkan sebuah produk atau mempromosikan sebuah brand kepada public dengan cara bekerja sama dengan sejumlah orang yang memiliki follower besar. Influencer bukanlah orang biasa, melainkan mereka yang memiliki fans atau follower tersendiri, biasanya mereka memiliki pengaruh yang kuat buat fans atau follower mereka.

Influencer Marketing dewasa ini di anggap memiliki kelebihan tersendiri selain pemasaran secara umum. Target mereka jelas sesuai dengan influencer nya. Misalkan artis, tokoh, atau orang yang mempunyai keunikan tersendiri. Biasanya pemilik brand atau produk akan melihat fashion influencer yang akan di ajak bekerja sama. Sebuah brand akan melakukan kerja sama mempromosikan produk atau branding mereka setelah melihat dan menghitung kemungkinan pengaruhnya kepada followernya.” (Oksae Media: Pengertian Influencer Marketing.)

Brand Ambassador.

Selain strategi influencer marketing, strategi lainnya dengan menggunakan jasa duta merek untuk mengkampanye sebuah produk tertentu. Konsep hampir serupa dengan strategi influencer marketing, hanya brand ambassador dengan sistem kontrak sosok ternama untuk mengkampanyekan sebuah branding tertentu.

Brand Ambassador

Cara ini sudah cukup lama, namun tetap relevan hingga sekarang. Bahkan kami curiga, konsep influencer marketing adalah turunan konsep duta merek ini, hanya saja dalam skala kecil sehingga mampu menghemat anggaran dan lebih efektif. Mengingat dalam konsep influencer marketing tidak ada keterikatan atau sistem kontrak sementara dalam konsep brand ambassador biasanya ada keterikatan kontrak.

Yang mana pun yang digunakan sama saja, hanya saja keduanya di pilih berdasarkan kesesuaian strategi pemasaran. Untuk sebuah branding besar mungkin lebih senang menggunakan jasa brand ambassador untuk menutup peluang pesaing, sementara untuk brand yang baru saja di bangun harus mempertimbangkan berbagai macam hal, termasuk soal biaya juga.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang penulis blog sekaligus pemerhati SEO, Gaya Hidup, Kesehatan, Teknologi. Aktif menjadi penulis sejak tahun 2008 silam. Seorang ayah dari 2 anak yang begitu perduli dengan kehidupan sosial sebuah masyarakat.